Home
news
BELAJAR & PEMBELAJARAN SEBUAH KAJIAN KRITIS KONSEPTUAL

BELAJAR & PEMBELAJARAN SEBUAH KAJIAN KRITIS KONSEPTUAL


Diterbitkan Jumat, 05 Agustus 2016 - 08:40:41 WIB

BELAJAR & PEMBELAJARAN SEBUAH KRITIS KONSEPTUAL

Pergeseran paradigma pendidikan (pembelajaran) --dari paradigma sebelum abad XXI yang bernuansa behavioristik, tradisional dan berpusat pada guru (teacher centered learning, TCL) ke arah paradigma pendidikan (pembelajaran) abad XXI yang lebih bernuansa kognitivistik-konstruktivistik, aktif-inovatif, dan berpusat pada siswa (student centered learning, CTL)-- merupakan sebuah keniscayaan dalam dunia pendidikan. Konsekewensinya, eksistensi pendidik (guru atau dosen) juga mengalami perubahan. Kehadirannya secara fisik di kelas, bukan lagi semata-mata untuk mengajar, namun lebih kepada upaya menata lingkungan agar peserta didik (siswa atau mahasiswa) dapat belajar. Hal ini menuntut pendidik untuk bertindak inovatif dan kreatif dalam pembelajaran dengan memanfaatkan sejumlah sumber dan media pembelajaran yang didesain dalam sebuah pembelajaran berbasis multisumber atau multi media, dan bahkan pembelajaran berbasis e-learning.
Pergeseran paradigma pendidikan (pembelajaran) dengan segala konsekwensinya ternyata sudah mulai merambah ke dunia pesantren. Hal ini tampak dari adanya inovasi di bidang kurikulum yang melahirkan adanya sekolah-sekolah formal di pesantren, mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Sehingga ciri khas pesantren ada yang mengalami perubahan dari pesantren yang berpredikat tradisional menjadi pesantren yang berpredikat modern, namun ada pula yang tetap mempertahankan ciri khas ke salafan (tradisional)-nya.
Upaya perbaikan memang harus senantiasa dilakukan, baik oleh pendidikan formal maupun pendidikan nonformal dan pendidikan pesantren. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan manajemen mutu terpadu, MMT (Total Quality Management, TQM) atau pengendalian mutu (Quality Control, QC). Buku ini hadir dengan memaparkan kajian kritis pergeseran paradigma pendidikan (pembelajaran) dengan sejumlah konsekuensi yang muncul tersebut.

Full Text : MUNDIR_BELAJAR_DAN_PEMBELAJARAN_2014


Share Berita


Komentari Berita

Komentar ditutup.