Home
Pages
Sejarah

Sejarah


SELAYANG PANDANG LP2M IAIN JEMBER 

“......tak ada pengajaran tanpa riset dan riset tanpa pengajaran, yang satu menempati tubuh yang lain. Selagi saya mengajar, saya terus mencari (search) dan mencari ulang (research).

Saya mengajar karena saya mencari, karena saya bertanya, dan karena saya menyerahkan diri saya kepada kesangsian. Saya melakukan riset karena saya memperhatikan banyak hal, menyadari akan keberadaan mereka. Dengan bertindak begitu, saya terlibat. Dengan terlibat, berarti saya mendidik dan mendidik diri saya sendiri. Saya melakukan riset demi mengetahui apa yang belum saya ketahui dan demi mengkomunikasikan dan memproklamirkan apa yang saya temukan” Paulo  Freire

TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL

Dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 pasal 3 menyebutkan, "Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab". 

TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

Pendidikan ? Kegiatan dalam upaya menghasilkan manusia terdidik yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan atau menciptakan Iptek dan Seni.

Penelitian ? Kegiatan dalam upaya menghasilkan pengetahuan, empirik, teori, konsep, metodologi, model atau iformasi baru guna memperkaya Iptek dan Seni.

Pengabdian Kepada Masyarakat ? Kegiatan yang memanfaatkan Iptek dalam upaya memberikan sumbangan demi kemajuan masyarakat. 

Bagan Tri Dharma Perguruan Tinggi

TUGAS LP2M

Lembaga penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang selanjutnya disebut LP2M mempunyai tugas melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan menilai kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan kebijakan Rektor. (PMA Nomor 6 Tahun 2015 pasal 52).

Ketua LP2M ? Mempunyai tugas memimpin dan mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, berdasarkan kebijakan rektor.

 Sekretaris LP2M ? Mempunyai tugas memberikan dukungan administrasi, keuangan, ketenagaan, dan pelaporan sesuai dengan kebijakan Ketua.

 Subbagian Tata Usaha ? Mempunyai tugas melakukan layanan administrasi, perencanaan, keuangan, kepegawaian, ketatausahaan, dan kerumahtanggaan di lingkungan LP2M. 

Pusat Penelitian dan Penerbitan ? Mempunyai tugas melaksanakan penelitian dan penerbitan.

Pusat Pengabdian kepada Masyarakat ? Mempunyai tugas melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Pusat Studi Gender dan Anak ? Mempunyai tugas melaksanakan studi gender dan anak.

Pusat masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala yang diangkat oleh Rektor dan bertanggung jawab kepada ketua LP2M.

Struktur LP2M